5 Designs Gitar Carving buatan Indonesia Terbaik ini Mendunia

Monday, December 16th 2013.

Galia Guitar Carving

Salah satu instrument musik yang popular, kini gitar tidak hanya sebuah instrumen musik berdawai, tetapi juga menjadi sebuah mahakarya dengan sentuhan artistic. Galia Guitar carving mengubah gitar menjadi sebuah benda seni bernilai tinggi.

Berawal dari keinginan untuk memiliki desain gitar yang unik dan lain dari yang lain, Kang Garin membuat gitar dengan painting atau lukisan di atas body gitar. Lukisan tersebut dibuat dengan menggunakan teknik air brush. Namun hasilnya dirasa masih biasa dan kurang eksklusif. Inovasi tidak berhenti di sini, kang Garin membuat kembali inovasi gitar dengan teknik carving. Pertama kali dibuat sebagai hadian untuk anak pertamanya .terinspirasi dari desann St.George Dragon , buatan seniman guitar carving dari Inggris.Setelah desain airbrush dijadikan ukiran, gitar unik ini disukai oleh klien asal Amerika dan berminat untuk membelinya. Klien tersebut merupakan klien bisnis furniture kang Garin. Kemudian dibuat sebuah gitar yang serupa untuk klien tersebut.

Berawal dari itu, Kang Garin mencoba desain guitar carving yang lain. Desain tersebut menarik perhatian tamu dari India yang membeli sebagai hadian untuk kolega bisnisnya. Banyaknya tamu asing dan buyer dari luar negeri yang melihat guitar carving karya kang Garin dikarenakan guitar carving tersebut dipajang di tempat produksi indoor furniture. Hal ini secara tidak langsung juga menjadi media promosi yang semakin banyak buyer asing yang melihat dan tertarik untuk membeli.

Hal tersebut memotivasi Kang Garin untuk membuka peluang usaha dan mengembangkannya. Berbagai macam desain guitar carving sudah dibuat dan menarik pembeli dari berbagai Negara, seperti Inggris, Belanda, Malaysia dan juga Indonesia sendiri. Selama ini desain yang dibuat terinspirasi dari berbagai referensi gambar atau patung klasik dari kebudayaan di seluruh dunia, seperti patung dari Yunani. Penggunakan desain tersebut bertujuan untuk menjajaki pasar dunia. Dan setiap desain dari guitar carving tersebut memiliki cerita tersendiri.

Seiring berjalannya waktu, desain lebih banyak berbentuk sculpture atau ukiran patung karena banyak musisi yang menyukai desain tersebut. Proses pembuatan guitar carving diawali dengan ide desain yang kemudian diterjemahkan oleh illustrator, yang nantinya akan membuat desain lebih lanjut. Proses ini memakan waktu cukup lama, karena memadukan seni ilustrasi yang kemudian dieksekusi ke dalam bentuk seni ukir atau pahat. Setelah desain final, pengerjaan akan dilakukan oleh pengukir dari Jepara. Proses ini membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi karena tingkat kerumitan dan detail desain tersebut. Untuk membuat hasil akhir sesuai dengan desain yang diinginkan membutukan tenaga ahli dari pengukir yang berpengalaman.

Spesifikasi Guitar Carving

Material kayu yang digunakan adalah Ash Wood, yang biasa digunakan untuk material body gitar elektrik di seluruh dunia, baik yang dibuat pabrikan maupun untuk costumed guitar. Selain Ash wood, ke depannya juga akan digunakan kayu mahoni atau mahogany, untuk lebih meningkatkan dan mengangkat nama Indonesia. Mahoni atau mahogany banyak tumbuh di Indonesia, selain itu pemilihan kayu mahoni juga merupakan hasil diskusi di sebuah forum maya untuk pengguna and pembuat gitar.

Pengukir diberi pendampingan selama proses pembuatan untuk menyesuaikan kenyamanan saat gitar digunakan. Proses ini akan dilakukan lagi ketika membuat master desain yang baru. Setelah raw design master selesai dibuat, proses selanjutnya adalah pewarnaan. Warna-warna yang dibuat merupakan hasil kreasi sendiri dari Kang Garin. Ini merupakan hasil dari pengalaman beliau di bisnis indoor furniture yang mengedepankan finishing painting untuk produknya. Pemilihan warna dibuat benar-benar sesuai dengan style atau gaya Kang Garin, yang mana sangat jauh berbeda dengan yang desain-desain guitar carving yang pernah dibuat. Finishing guitar carving khas Kang Garin lebih ke antique look untuk mengekspos ukiran body guitar itu sendiri.

Menjadi “anak band” selama belasan tahun, membuat Kang Garin memiliki pengalaman dalam urusan teknis machine guitar. Pengalaman tersebut menjadi basic atau basic dalam menentukan kualitas suara gitar. Sedangkan untuk pemasangan spare part dikerjakan oleh tenaga ahli perakitan guitar di Jepara. Namun spare part yang dipilih dan digunakan masih diimpor dari luar negeri, terutama melalui situs jual beli eBay, karena dipenuhi oleh produsen dalam negri. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas sound atau suara sesuai dengan standar internasional.

Beberapa poin kelebihan dari Galia Guitar Carving:

Desain yang terinspirasi dari berbagai kebudayaan dunia, diterjemahkan kembali oleh seniman ilustrasi klasik dan kemudian dikerjakan handmade oleh illustrator.

Proses ukir atau carving dikerjakan oleh seniman ukir Jepara yang handal.

Proses finishing menggunakan desain dan hasil eksplorasi dari pengalaman sebagai eksporter dan produsen French style dan American style indoor furniture.

Kualitas sound atau suara dan kenyaman pemakaian sangat diperhatikan, karena dibuat oleh produsen yang juga musisi yang berpengalaman.

Setiap seri desain yang dibuat memiliki nilai dan historical story tersendiri. Salah satu contohnya adalah ios series. Ios series merupakan singkatan dari Indonesian on Summer, desain dengan tema flora asli Indonesia. Desain ini dibuat berdasar permintaan pembeli dari Malaysia yang menginginkan desain sesuai dengan Islamic sculpture, dimana tidak ada makhluk hidup bernyawa, seperti manusia dan hewan.

Sisi Bisnis

Produk Galia Guitar Carving belum dijual secara massive atau ditawarkan secara aktif. Produsen hanya mendisplay di studio dan dipinjamkan ketika ada kolega yang datang. Setelah melihat prospek yang ada, serta dukungan dari teman-teman Grisuter, yaitu sebuah komunitas pengusaha online Jepara. Sekarang ini Galia Guitar Carving juga mulai dipasarkan secara online, melalui authorized distributor yang ditunjuk untuk menjaga ekseklusifitas dan nilai otentik dari desain dan produksinya. Salah satunya melalui http://thebalebale.com/guitar-carving  yang merupakan salah satu furniture online store terbesar di Jepara. dan dijual di berbagai Negara secara direct selling. Galia Guitar Carving memproduksi 10 item untuk setiap serinya, dengan kapasitas produksi sekitar 20 buah gitar perbulan. Alamat Showroom di Jln, Ahmad Yani no.253 RT03/01 Pengkol Jepara.

Our Proud Customers :

DSCN5975 DSCN5884 kang Garin bersama buyer Guiter dari belanda

Man Behind The Designs :

foto profil kang garin 2

Testimoni

Isi Testimoni →
Copyright © 2013 mebel jati minimalis – mebel jati jepara – mebel furniture kayu jati solid – online jakarta
The Bale Bale Group
Jl. Kramat II no.07 Sukodono Tahunan Jepara, Jawa Tengah, Jawa Tengah
Office Phone : 0291 592590 HandPhone : +62811277789 whatsapp | Line | We Chat | imessage
find us on google+


Scroll ke atas